TEMPO.COJakarta – Sejarah industri otomotif selalu menarik untuk dipelajari. Apalagi jika kita bisa mengenal dan melihat langsung produk-produk awal dari sebuah automaker yang diciptakan di masa lampau. Salah satunya adalah Suzuki Power Free, sepeda motor pertama Suzuki yang diproduksi massal untuk pertama kalinya di dunia.

Power Free diproduksi pada tahun 1951. Motor yang diciptakan dengan basis sepeda kumbang ini ditambahkan mesin 2-tak berkapasitas 36cc. Menariknya, di Indonesia terdapat satu unit Power Free dan untuk pertama kalinya akan dipamerkan kepada publik di ajang Indonesia Motorcycle History (IMH) di Synthesis Residence Kemang, Jakarta Selatan, 30 Juli 2017. Pameran digagas Mastomcustom dan diselenggarakan Heneishen

Sales & Marketing 2W Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya mengatakan banyak generasi milenial yang belum mengetahui sejarah motor Suzuki di Indonesia. “Bukan sekadar hiburan, tetapi acara ini juga bisa berguna untuk melestarikan sejarah otomotif di Indonesia,” kata Yohan dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Juli 2017.

Selain ketiga tipe motor Suzuki yang legendaris itu, pada ajang IMH juga akan ditampilkan sederet motor-motor Suzuki lainnya seperti Suzuki RG400 Gamma, RGR150, TS125, Thunder 250 hingga yang menjadi idola masa kini GSX-S150.

Seluruh motor Suzuki legendaris yang dipajang tidak hanya bisa dinikmati oleh pengunjung, namun penyelenggara juga memberikan kesempatan bagi siapapun untuk melanjutkan pelestarian sejarah motor-motor tersebut, tentunya dengan persyaratan yang telah ditentukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *