Indonesian Currency (Rupiah)

RumahCom – Kebutuhan primer manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Jadi, memiliki rumah tinggal seharusnya menjadi indikator apakah keuangan Anda sehat atau tidak. Sekiranya begitulah yang selalu dikatakan para konsultan keuangan.

Hunian sejatinya merupakan kebutuhan yang krusial, sayangnya banyak masyarakat yang masih saja menunda untuk memiliki rumah. Penyebab terbesar tak lain adalah karena jumlah besaran uang muka atau Down Payment (DP) yang diklaim sulit untuk dikumpulkan.

Padahal, permohonan kredit hunian saat ini terbilang relatif mudah, tapi tetap terasa memberatkan ketika DP yang harus dibayar cukup tinggi.

Meski di satu sisi Bank Indonesia telah menerapkan stimulus yang meringankan yakni konsumen hanya perlu membayar DP sebesar 15% untuk rumah pertama, 20% untuk rumah kedua, dan 25% untuk rumah ketiga. Sehingga bisa dikatakan saat ini tidak alasan untuk tidak segera membeli rumah.

Apalagi di bulan Ramadan ini, masyarakat Indonesia akan sangat akrab dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Dana yang dikucurkan jelang dua minggu sebelum Hari Raya ini sangat potensial untuk dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka rumah.

 

Kaukabus Syarqiyah, perencana keuangan menuturkan, “Pada saat hendak menyisikan THR untuk menambah DP rumah, sebaiknya Anda harus mengetahui pengeluaran riil tahunan dahulu. Karena sesungguhnya, THR adalah pemasukan tahunan, sehingga sistem pengelolaannya pun harus tahunan.”

Ia menjelaskan, contoh pengeluaran riil tahunan adalah pengeluaran yang tidak bersifat konsumtif bulanan. Misalnya, persiapan lebaran, mudik libur tahunan, pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bila Anda sedang mencicil rumah sebelumnya.

“Jadi apakah THR bisa membantu membayar DP rumah? Jawabannya bisa! Asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran tahunan tadi,” ia mengingatkan.

Tetapi apabila Anda tetap memaksakan diri untuk menggunakan seluruh THR untuk membayar DP rumah, hal tersebut masih tetap sah-sah saja. Dengan begitu, artinya Anda bersedia untuk membayar anggaran tahunan tadi, dari uang bulanan Anda.

Memutuskan untuk menyisikan THR untuk keperluan DP rumah adalah pilihan yang tepat. Sebab harga rumah secara umum selalu bertambah setiap tahunnya.

 

Manfaatkan Promosi Pengembang

Mendekati Hari Raya, selain perusahaan tempat bekerja memberi THR, rupanya ada juga pengembang yang memberikan THR kepada calon konsumennya seperti Synthesis Development melalui program subsidi DP 10%.

“Masyarakat pastinya ingin mengalokasikan THR-nya secara bijak untuk tabungan atau investasi. Namun masih banyak yang belum tahu pilihan tepat seperti apa dan bagaimana caranya. Oleh karenanya, kami meluncurkan program tersebut selama Ramadhan dan Idul Fitri 2017 untuk unit apartemen yang ada di Synthesis Residence Kemang dan Prajawangsa City,” ujar Imron Rosyadi, Marketing and Sales General Manager Synthesis Residence Kemang.

Imron Rosyadi, Marketing and Sales General Manager Synthesis Residence Kemang

Imron Rosyadi, Marketing and Sales General Manager Synthesis Residence Kemang

Program subsidi DP adalah program Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), di mana developer akan memberikan subsidi pembayaran uang mukanya. Jadi setelah melakukan pembayaran booking fee senilai Rp5 juta, pembeli langsung bisa akad kredit ke bank yang bekerjasama dengan Synthesis.

Asnedi, Marketing and Sales Prajawangsa City menambahkan, “Setelah membayar booking fee dan menyelesaikan administrasi lainnya, konsumen bisa langsung mengangsur cicilan apartemennya melalui KPA Bank Tabungan Negara (BTN).”

BTN sendiri bekerjasama dengan Synthesis Residence Kemang dan Prajawangsa City untuk proses pembelian apartemen hingga urusan permodalan.

“Dengan program ini masyarakat bisa memperoleh apartemen dengan tidak memberatkan dan melalui kerjasama ini pihak BTN dan Synthesis Development bisa berkontribusi bagi pembangunan dan kebutuhan hunian bagi masyarakat,” tukas Suryanti Agustina, Executive Vice President Non Subsidized Mortage and Consumer Lending Division BTN.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *